Sunday 9 March 2014

Borobudur





Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang,Jawa TengahCandi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsaSyailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk persegi yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Monumen ini merupakan model alam semesta dan dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Buddha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha.

*Yuuuk, tur hemat keliling Indonesia. Ada promo khusus bulan Maret untuk tur ke Yogya, Lombok dan Bali. Tersedia berbagai pilihan paket (2 hari 3 malam, 5 hari 4 malam, dst). Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan budget Anda. Feel free to inbok, atau whatsapp ke +85294320392. Mau tanya2 dulu juga boleh. Atau ingin berwisata ke tempat lain di seluruh Indonesia? Kami juga melayani.

No comments:

Post a Comment